Gara-gara Panen di Sigli, Harga Bawang di Banda Aceh Turun ke Rp 60 Ribu/Kg

oleh -0 Dilihat
Harga bawah merah di Banda Aceh mulai merangkak naik.
Bagikan:

Jurnalis : Ikhwan Karazi Alsabi

ANTARANNEWS.COM|BANDA ACEH – Harga bawang merah kini telah turun di kisaran harga Rp 60.000/Kg. Menurut Zainal Abidin, salah seorang pedagang di Pasar Keutapang, harga bawang merah telah turun sejak 1 bulan yang lalu.

“Semenjak panen bawang lokal dari Sigli, harga bawang merah menurun sebulan ini. Menurun sekitar 50 % dari sebelum Rp 120.000/Kg menjadi Rp 60.000/Kg untuk jenis bawang merah lokal, kalau bawang merah bombai turun dari Rp 25.000 menjadi Rp 15.000/Kg nya,” katanya, Jumat (12/08/2022).

Baca Juga:  Kapolres Bagikan Eco Enzyme ke Peternak

Menurutnya, suatu saat harga bawang merah bisa saja kembali naik ketika persediannya kembali menipis. “Itulah, karena bawang kita sudah selesai masa panennya di Sigli, makanya terjadi penurunan. Mungkin sekitar 2 bulan lagi akan terjadi kenaikan lagi karena kita kehabisan stok, terlebih petani kita bukan petani tetap, tapi petani musiman,” katanya.

Lanjutnya, kestabilan harga pada bawang merah terbilang sulit diatasi. “Iya, jarang stabil, karena kitakan panen setahun sekali, sedangkan di luar Aceh, di Sumatera, di Jawa itu petaninya khusus, jadi petani bawang ya tetap petani bawang sehingga stok bawang selalu ada,” pungkasnya.(*)

oleh
Penulis: Ikhwan Karazi Alsabi
Editor: Suprijal Yusuf

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.